Sabtu, Februari 24

Menteri KLHK membuka Workshop ” Hutan Dan Deforestasi Indonesia “

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya Bakar membuka workshop ” Hutan dan Deforestasi Indonesia seri 1 workshop panel Internasional di Jakarta, Pada Senin, (29/1/2018).

Media Doeta Indonesia, Jakarta– Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya Bakar membuka Workshop sehari bertema ” Hutan dan Deforestasi Indonesia seri 1 workshop panel Internasional  berlangsung di Kantor Kementerian KLHK, Jakarta, Pada Senin, (29/1/2018).

Workshop Internasional dikuti perwakilan  beberapa Instansi pemerintah, swasta, LSM dan beberapa kedutaan Besar negara sahabat.

Isu yang dibahas adalah seputar Metode pengukuran,perhitungan, pelaporan, Deforestasi Dan Degradasi Hutan.

Defenisi hutan dan deforestasi, menurut penjelasan Menteri KLHK,” Masih menjadi perdebatan yang menarik di kalangan pakar ataupun peneliti dan pengambil keputusan baik nasional maupun internasional.

“Karena masih beragamnya definisi yang di gunakan dan belum ada kesepakatan di antara pakar,” kata Bu Menteri.

Siti Nurbaya mengatakan,”perbedaan definisi ini akan berpengaruh terhadap metode pengukuran yang akan di gunakan serta data dan informasi yabg dihasilkan, baik dari akurasi maupun konsistensinya.

Menrutnya, data hutan dan deforestasi yang akurat dan terpercaya sangat penting dalam sistem pengukuran monitoring , reporting, dan verification (MRV), khususnya dalam upaya menjawab sustainable Develoment Goals (SDGS) dan perubahan iklim.

“Data ini juga akan menjadi dasar dalam pengambilan keputusan dan memperbaiki tata kelola hutan yang berkelanjutan,” katanya.

Lebih lanjut Ia menjelaskan bahwa kesamaan persepsi tentang definisi hutan dan deforestasi ,termasuk metode perhitungan ,pengukuran dan pelaporan, serta kata kelola hutan yang baik perlu dilakukan.

Ia berharap ada rekomendasi terkait definisi hutan dan deforestasi serta metode pengukurannya dan perolehnya knowledge sharing antara pakar, akademisi,pemegang kebijakan ,pelaku ,lembaga non pemerintah dan mitra pembangunan lainnya.

Workshop Hutan dan Deforestasi Indonesia merupakan salah satu kegiatan dari pengembangan National forest Monitoring system (NFMS) yang menjadi bagian dari kegiatankerjasama antara KLHK dengan pemerintah Norvegia dengan difasilitasi oleh kemitraan dalam pelaksanaan kegiatannya.

workshop juga diisi dengan kegiatan peluncuran data penutupan lahan dan deforestasi tahun 2017 serta sosialisasi peta indikatif penundaan pemberian Izin baru (PIPPIB)Revisi 18.

Berdasarkan hasil analisa data penutupan lahan tahun 2017, Deforestasi (Netto) Nasional 479 Ribu ha.dengan Rincian di dalam kawasan hutan seluas 308 Ha dan Areal penggunaan lain (Apl) 171 Ha.Angka deforestasi ini turun di bandingkan dengan laju deforestasi tahun 2016 yaitu 630 Ribu ha.untuk luas hutan di hutan di tahun 2017. (Agus)

Tinggalkan Balasan