Minggu, Februari 25

Hasto Wardoyo Bupati Kulon Progo Bertangan Dingin

Media Doetaindonesia. Kulo Progo Rabu, 23 Agustus 2017

Kulon Progo merupakan satu dari empat kabupaten di DIY Daerah Istimewa Yogyakarta.
Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo memberi warna baru dengan spirit kemandirian. Berusaha mengangkat masyarakat dari garis kemiskinan dengan kekuatan sendiri.
Dr. Hasto Wardoyo, Sp OG.(K) lahir di desa kecil sebuah kecamatan di Kokap  Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, 30 Juli 1964 menjabat sebagai Bupati Kulon Progo periode 2011-2016 mengganti kan Toyo Santoso Dipo, Bupati sebelumnya.
Hasto Wardoyo sebelum menjadi bupati dikenal sebagai dokter dan pengusaha bidang jasa kesehatan.
Kelik Haryana, orang dekat Hasto juga wakil ketua Suket menoreh, sebuah komunitas wirausaha yang telah banyak memberikan pembinaan dan bimbingan kepada para pemuda karang Taruna di desanya Hasto Wardoyo mengatakan jika bupati Hasto orang yang sangat mengedepankan kepentingan masyarakatnya, jujur, baik, dan transparan.
 
Prestasi Hasto dalam bidang pertanian dapat dilihat saat membangun embung atau waduk mini dilereng – lereng menoreh yang dijadikan sarana menampung air hujan dan jika kemarau datang bisa dimanfaatkan. Ada lagi Waduk Sremo yang diresmikan presiden Suharto tahun 1996 lalu. Dilereng-lereng bukit tersebut akan dibuat sawah—sawah baru seperti di Bali atau Jawa Barat .
Dulu, Kulon Progo masih menyewa semua fasilitas gedung pemerintahan dan juga tanah dari provinsi DIY sejak awal terbentuknya pemerintahan Kulon Progo tahun 1951, sejak Hasto Wardoyo menjabat, Ia memberanikan diri untuk membangun gedung-gedung baru sebagai sarana pemerintahan diperiode pertama dia memimpin dan sudah dimulai di sebelah Barat yaitu kecamatan Temon tepatnya yang notabenenya di situ sedang dibangun bandara baru New Yogyakarta Internasional Air Port menggantikan bandara Internasional Adi Sucipto di kota Yogyakarta.
Menurut wakil Bupati Sutedjo saat acara kopdar akbar KPDJ di Bekasi tahun lalu pernah menyampaikan bahwa kelak akan dibangun jalan tembus dari bandara baru menuju Borobudur Magelang melewati pegunungan Menoreh. Ini akan memotong jarak belasan kilometer kalau melalui kota Yogyakarta sekaligus sebagai gerbang Borobudur karena disekitar jalan tersebut saat ini terdapat obyek wisata-obyek wisata yang tak kalah elok dan menarik.
Sutedjo menyebutkan bahwa angka kemiskinan menurun 6% selama mendampingi Hasto Wardoyo memimpin Kulon Progo.
Kabupaten Kulon Progo akan genap berumur 66Tahun pada 15 Oktober nanti.  Seperti rutinitas tahun-tahun sebelumnya banyak kegiatan yang akan digelar seperti perlombaan, pameran pembangunan, lomba kesenian daerah, ataupun hiburan rakyat juga berbagai festival.

Riwayat dan Penghargaan-penghargaan yang pernah diraih Hasto Wardoyo

Staf RSUP Dr. Sardjito ( 1995 – 2010 )Kepala Instansi Kesehatan Reproduksi & Bayi Tabung RSUP Dr. Sardjito ( 2010 – 2011 )Dosen Fakultas Kedokteran UGM ( 2000 – 2011 ) Bupati Kulonprogo ( 2011 – 2016 )
Periode ke-2 ini sudah dilantik pada 22/5/2017 untuk masa jabatan 2017-2022.

Riwayat pendidikan :
Spesialis II Fakultas Kedokteran UGM
SMA Negeri Wates
S1 Fakultas Kedokteran UGM
SMP Negeri Kokap
Spesialis I Fakultas Kedokteran UGM
SD Negeri Sremo III

Penghargaan-penghargaan :
Penghargaan Kabupaten Penggerak Koperasi Penghargaan peringkat PARAMADHANA UTAMA NUGRAHA KOPERASI dari Menteri Koperasi dan UKM RI (2012).
Penghargaan Ksatria Bakti Husada Arutala Atas jasa besar dalam menggerakan dan memberdayakan masyarakat untuk hidup sehat dari Menteri Kesehatan RI (2013). Penghargaan Satyalencana Karya Bhakti Praja Nugraha Atas prestasi kinerja penyelenggaraan Pemerintah Daerah dengan status terbaik (2014).
Penghargaan Ksatria Bakti Husada Kartika kepada Bupati Atas Jasa Luar Biasa dalam Menggerakkan dan Memberdayakan Masyarakat untuk Hidup Sehat (2015).
Sepuluh Bupati dan Wali Kota Terbaik Jawa Pos Grup Awards 2016 Bupati Terbaik (2016)Lencana Keteladanan Bhakti Husada.
Penghargaan atas pengabdian, kesetiaan, kecakapan, dan kerajinannya dalam melaksanakan tugas sebagai PNS (1992)

Penghargaan dari Presiden RI berupa tanda kehormatan Bintang Jasa Utama. Penghargaan ini diberikan langsung kepada Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara pada Senin (15/8/2016)

Setiap menjelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus, Presiden selalu memberi penghargaan Bintang Jasa kepada para tokoh bangsa yang berjasa. Pada tahun 2016 kemarin , Presiden Joko Widodo  memberi penghargaan kepada Sembilan (9) anak bangsa yang dinilai telah berjasa termasuk Hasto Wardoyo sebagai kepala daerah terbaik.

(Hariyanto)

Tinggalkan Balasan