Kamis, Desember 14

Gubernur Jabar: Pangan Sehat Petani Sejahtera !!

Media Doeta Indonesia-Indramayu, Kamis, 23 November 2017.

Gagal panen yang terjadi pada tahun ini akibat serangan hama juga karena kekeringan yang melanda sejumlah daerah di Jawa Barat tahun ini. Hal ini disampaikan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan  di sela acara Syukuran Panen Raya di Sukra Kamis pagi Kemarin. “Kekeringan tahun 2017 saat ini melanda sekitar 3400 hektar lahan pertanian di Jawa Barat, dan hanya 139 hektar yang mengalami gagal panen atau puso,” jelasnya.

Oleh karenanya, pria yang akrab dipanggil Kang Aher ini mengimbau kepada para petani yang hadir supaya bisa mengembalikan kondisi tanah dengan tidak menggunakan pupuk pestisida secara berlebihan. “Jadi, tanah harus dikembalikan lagi pada kondisi sebelumnya yang subur,” katanya.

Aher juga menekankan kepada petani agar menjaga kualitas pangan. “pangan kita harus sehat salah satunya dengan cara pertanian organik,” ajak Aher.  Menurutnya, yang disebut organik itu adalah tanahnya,  tanah yang organik maka apapun yg ditanam di atasnya akan menjadi organik juga. Kita tahu Jawa barat itu adalah salah satu penghasil padi organik  terbesar di indonesia.

Dia meminta petani Indramayu untuk megembangkan Mangga Gedong Asli Indramayu yang sudah terkenal di asia khususnya di Jepang dan Korsel. Caranya kata Aher, dengan memberin Kemasan yang lebih bagus.

Mangga Gedong Indramayu berkualitas Ekspor
Gubernur Jabar Ahmad Heryawan bersama Mentan Andi Amran Sulaiman, Ketua HKTI, Bupati Indramayu dan Pimpinan Pesantren Al zaytun Panji Gumilang dalam kegiatan Syukur Panen Raya Di Sukra Indramayu, Kamis 23/11

Warga Jawa Barat patut berbangga karena menurutnya intersitas curah hujan terbesar ada di Jawa Barat. Selain itu ada kurang lebih 40  jenis holtikuktura Jawa Barat yang menyebar ke pelosok Indonesia. “ harapannya ini semua bisa menjadi sarana menyejahterakan petani Jawa Barat,” katanya.

“Oleh karena itu, Kita patut bersyukur kepada Allah SWT atas semunya,” tambahnya.

“saya berkomitmen untuk memperbaiki kualitas pertanian Jawa barat demi ketahanan pangan dan tumpuan harapan Jawa barat adalah Indramayu, mohon dipertahanakan,” pungkasnya.

(HT)

Fotografer : Dwi Cah/Sutarno

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *