Sabtu, Februari 24

BNN Ungkap Jaringan Narkoba di Lapas

Media Doeta Indonesia – Jakarta. 18/01/2018.

Badan Narkoba Nasional (BNN) kembali membongkar jaringan narkoba yang berada di Rutan yang melibatkan oknum Kepala Lapasnya.

BNN-ungkap-keterlibatan-kalapas
Budi Waseso memberikan keterangn terkait keterlibatan Kalapas Purworejo dengan sindikat Narkoba.

Tim BNNP Jawa Tengah bersama dengan Tim Direktorat TPPU BNN mengamankan Kepala Rutan kelas 2 B Purworejo berinisial CAS (45) karena terlibat kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dari hasil bisnis narkotika dengan jaringan Christian Jaya Kusuma alias Sancai.

Pengedar berstatus Napi di LP Pekalongan ini terkait kasus kepemilikan narkotika 800 gram di tangkap BNNP Jateng tanggal 8 Nopember 2017 di Semarang.

Dalam proses penyidikannya di temukan fakta adanya aliran sejumlah dana dari Sancai kepada kepala Rutan kelas 2B Purworejo Jawa Tengah dengan modus menggunakan rekening orang lain yaitu atas nama SUH (Wonosobo) dan SUN (Cilacap).

Keterlibatan oknum Kepala Lapas yang ikut bermain dan melindungi dengan jaringan Narkoba membuat kepala BNN Budi Waseso geram.

” Oknum ini adalah pengkhianat bangsa, yang seharusnya ikut memerangi seperti Intruksi Presiden bahwa Indonesia Darurat Narkoba,┬áBNN berulang kali menangani kasus Narkoba seperti pemadam kebakaran, tidak pernah selesai.

Budi Waseso kembali menegaskan, “Saya berani pastikan bahwa peredaran narkoba 50 persen di kendalikan dari balik jeruji. Dan saya pernah sampaikan jika Lapas tidak bisa steril, penjaganya jangan manusia tapi di ganti buaya agar tidak bisa di suap “.

” Jadi keterlibatan oknum pada kasus narkoba tidak ada kata ampun, kita tindak kita selesaikan tanpa pembiaran”, kembali menegaskan.

Sementara modus yang di gunakan oleh Sancai dalam melakukan pidana pencucian uang dengan membuat rekening atas nama orang lain dan BNN telah mengantongi rekaman percakapan seputar aliran dana hasil kejahatan narkoba ini, oknum bicara soal permintaan transfer atas permintaan atasannya.

BNN-ungkap-kasus-kerterlibatan-kalapas
Tersangka Kasus Narkoba Yang Melibatkan Kalapas Purworejo.

Dalam kasus ini BNN menangkap 6 pelaku dan barang bukti 2 emas batangan 1.350 gram (500 gram dan 850 gram) dan uang tunai Rp.400.000.000.

Atas perbuatannya para tersangka dikenakan pasal 3,4,5 dan 10 Undang- Undang No.8 Tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dan pasal 137 undang undang No.35 Tahun 2009 tentang narkoba dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara.

(AguS)

Tinggalkan Balasan