Sabtu, Februari 24

BAZNAS Bangun 600 Z-MART di Jabodetabek

Media Doeta Indonesia-Bogor.

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mengembangkan 600 unit Z Mart di Kawasan Jabodetabek selama kurun setahun belakangan ini. Sebanyak 17 dari  600 unit Z- mart tersebut berada di Bojong Gede , Kabupaten Bogor Jawa barat, yang telah di resmikan hari ini, Rabu (17/1/2018).

Kepala Desa Bojong Gede,Dede Malvina, hadir bersama Ir.nana minati, Dr. Munir Suparta, Irsyadul Halim, Gusti serta 17 peserta penerima bantuan dari BAZNAZ,

Deputi BAZNAS, Arifin kepada Media Doeta mengatakan,” BASNAZ ingin terus berupaya mengembangkan usaha mikro Dengan modal dari dana zakat. Dengan demikian dana zakat bermanfaat untuk membangkitkan kondisi perekonomian para mustahik.”

Z-mart merupakan salah satu program pemberdayaan ekonomi,berupa jaringan pengembangan usaha ritel mikro untuk mengangkat skala usaha Mustahik binaan BAZNAS.

Z-mart di kembangkan dalam tiga jenis  skala usaha, z-mart points merupakan unit usaha yang di miliki satu keluarga,selain z-mart point’usaha di kembangkan dalam jenis z-mart store,juga distribusi center yang baik grosir maupun eceran dan menyuplai dagangan ke warung warung  kelontong.

Z-Mart ini akan dikelola oleh para mustahik dengan bantuan modal usaha dan pelatihan serta bimbingan.

Sementara itu, Dede Malvina menjelaskan,”Dengan masuknya BAZNAS masuk ke Desa Bojong gede ini menurut saya sangat baik dan cukup menarik buat saya,karena sasaran nya cukup tepat ke penerima yaitu Mustahiknya.”

Untuk itu, kata Dede, cara mengatasi kemiskinan yakni dengan memberi permodalan untuk usaha, kalo masyarakat di kasih beras dan dikasih gula hanya bukan hanya sekedar cukup tapi dengan program BAZNAS seperti ini saya katakan BAZNAS berhasil,dan kemungkinan besar sudah membantu mengurangi kemiskinan.

“saya sebagai pemerintah desa Bojong Gede siap bergandengan tangan dengan BAZNAS.” jelasnya.

Dia berharap warga masyarakat Bojong gede bisa meningkatkan usahanya supaya bisa bersedekah.

“saya akan masukin ke program inovasi desa dan program ini sudah berjalan selama dua tahun,dan kami akan meningkatkan pendapatan desa untuk membantu masyarakat Bojong gede,” tandasnya.  (Sutarno)

 

Tinggalkan Balasan