Sabtu, Februari 24

7 Tips Sukses Bersepeda Jarak Jauh

Saat ini, bersepeda bukan lagi kebutuhan tapi telah menjadi gaya hidup banyak orang. Komunitas pesepeda banyak bermunculan bak cendawan di Musim Hujan, baik di Kota-Kota besar maupun di pelosok daerah. Salah satu komunitas sepeda terbesar di Indonesia adalah Asosiasi Sepeda Sport Al Zaytun (ASSA). Assa digagas oleh Syaykh AS Panji Gumilang, pendiri sekaligus pemimpin Pondok Pesantren Al Zaytun, Indramayu, Jawa Barat.

ASSA telah dua kali menggelar Tur bersepeda jarak jauh, pertama yaitu Tur Keliling Jawa Madura pada 2008 lalu kemudian Tur keliling Jawa II pada 29 November hingga 22 Desember 2017. Keduanya berjalan sukses parameternya dilihat dari target  jarak dan waktu yang sesuai rencana.  Selama 24 Hari atau 24 etape Assa berhasil membukukan rekor jarak 2729 Kilometer, melampaui target yang direncanakan yakni 2654 kilometer.

Sebagai salah satu peserta Tur, Saya ingin berbagi 7 Tips Sukses melakukan Tur bersepeda Jarak jauh (Keliling Pulau Jawa), sebagai berikut :

 

  1. Latihan Intensif Sebelum Tur

Ini wajib hukumnya, sebab tidak ada pencapaian luar biasa yang tiba-tiba jadi, segalanya membutuhkan persiapan yang cukup matang baik fisik,mental maupun materi dari Goweser. Minimal 3 Bulan persiapan untuk Latihan intensif. latihan yang  bertahap, progresif (meningkat), dan terukur biasa disebut Deliberate practice. Dimulai dengan porsi latihan ringan dahulu pada minggu pertama kemudian meningkat secara bertahap pada minggu berikutnya. Berlatihlah mengayuh sepeda selama dua jam nonstop selama dua kali sehari pagi dan sore. Latihan ini sangat berguna untuk membentuk otot agar lebih kuat dan kerja jantung jadi terlatih.

 

  1. Gunakan Sepeda Handal

Gunakan sepeda yang terbukti handal dan tangguh di segala medan. Salah satu sepeda yang memenuhi syarat adalah Sepeda Giant, menggunakan Sepeda Giant untuk Tur Jarak Jauh bisa menjadi pilihan.  Kalian bisa memilih jenis sepeda lain yang penting handal dibawa Tur jarak jauh.

  1. Bagi Rute Menjadi beberapa Etape

Jarak tempuh ribuan kilometer tidak bisa diselesaikan sekali waktu tapi harus dibagi menjadi beberapa etape. Misalnya, per etape dibuat 100 km jarak tempuh. Tujuannya agar tenaga pesepeda tidak terlalu terkuras habis dan atlit bisa melakukan recovery. 

  1. Istirahat yang Cukup dan Makan yang Bergizi

Hal yang sangat penting bagi pesepeda adalah asupan yang bergizi, seperti ikan dan daging, dan buah serta sayur-sayuran, ini menu wajib seorang atlit jika ingin fit dan stamina terjaga. Buah dan sayur seperti wortel, tomat,jeruk, dan sebagainya.

  1. Perlengkapan Wajib 

Cek segala Perlengkapan sepeda seperti rem, rantai dan ban, apakah semuanya dalam kondisi layak atau baik. Jangan lupa membawa perlengkapan Tur seperti waterbag (tas/kantong air), kacamata Anti UV, Helm sepeda, sepatu kets yang nyaman sedikit longgar, dan pakaian yang warnanya terang agar pesepeda gampang terlihat oleh pengguna jalan lainnya.

  1. Fokus, Atur Jarak dan Kecepatan

Atur kecepatan sedemikian rupa, jangan ngebut, tetap fokus. Kecepatan rata-rata atau normal berkisar 15 hingga 20 km /jam ini cocok untuk Tur jarak jauh. Ingat ini bukan balapan. Begitu pun jarak, goweser harus bisa mampu menjaga jarak dengan rekan pesepeda lainnya untuk menghindari tubrukan saat rekan di depan kita me-rem mendadak. Jarak antara satu sepeda dengan sepeda lainnya minimal 2 meter.

 

  1. Bawa Makanan Kecil dan Minum Secukupnya.

Siapkan Makanan ringan  untuk menemani perjalanan kalian, bisa berupa lontong nasi, buah-buahan, kacang dan coklat. Ini berguna saat istirahat nanti. Selain itu, jangan lupa minum air secukupnya melalui waterbag sesering mungkin guna menghindari dehidrasi. Minum yang cukup juga berguna juga untuk menghindari kram.

Itulah 7 tips sukses bersepeda jarak jauh, semoga bermamfaat, salam gowes !

(hatta)

One Comment

Tinggalkan Balasan